Selasa, 21 Oktober 2014

Jika Step ini terlampaui...Insya Allah Anda bisa segera Ekspor...

kalau bertanya kepada rekan UMKM,  bagian mana dalam memulai ekspor yang dianggap sulit..., tentu berbagai jawaban akan muncul..salah satunya adalah
1. Bahasa Inggris jelek
2. Prosedur ekspor belum tahu
3. Belum tahu metode pembayaran internasional
4. Belum mengerti Dokmen Ekspor
5. Belum paham Letter of Credit...
6. Menyiapkan modal untuk ekspor
7. Mencari Pembeli

Tahukan Anda beberapa berapa kesulitan kesulitan yang sering disampaikan oleh Peserta Pelatihan ternyata bukan suatu bagian yang sulit, apalagi setelah mengikuti Pelatihan Ekspor.

Pada dasarnya menjual barang di pasar ekspor sama dengan menjual barang di pasar lokal. Saya analogikan
bagaimana menjual topi ini ke pasar luar negeri? bagi kita yang ingin membeli topi ini baik di pasar atau di Mall Mall, cukup melihat, meraba, mencoba, cocok barangnya dan harganya..ambil. simple..

Bagaimana calon pembeli kita misal di USA, yang berminat beli topi Golf dan tertarik dengan Topi yg kita tawarkan. apa  yang harus kita berikan informasi kepada calon Pembeli kita.

Agar kesan pertama dalam melihat promo penjualan membuat Importer tertarik, maka eksporter harus memberikan informasi yang sangat komplit.. Eksporter harus memberikan specsification/ deskripsi yang jelas tetang produk tersebut. misalkan:
1.Bahan topi
2. Ketersediaan warna
3. Ketersediaan model
4. Ukuran, (Lingkar kepala, tinggi, dan panjang topi)
5. Bahan Pendukung.
6. Tampilkan photo photo  produk berbagai sisi dan orisinil produk eksporter.
7. Kemasan, box, plastik dll
8. dll

point ini yang kami anggap bagian tersulit, karena bagi eksporter yang mempunyai sedikit item yang dijual, tentu bukan masalah, tetapi bagi yang mempunyai berpuluh puluh item, harus sabar meng update dan mengisi keterangan tersebut satu persatu. selain itu dalam mempromosikan di Marketplace (tentu tidak hanya 1 Market Place), eksporter harus meng key in satu per satu.

Seringkali dalam Point ini rekan rekan UMKM banyak yang belum siap, jika bagian ini sudah disiapkan dan ditampilkan diberbagai media internet/Market Place,  percayalah Anda akan segera mendapatkan respond dari calon buyer dari lokal mapun luar negeri....

Jika sebaliknya bagian ini tidak Anda lakukan..mungkin ekspor tidak akan pernah terjadi .

Just do it  tetap semangat...Ayo Ekspor


Minggu, 12 Oktober 2014

Kursus Export-Import untuk STAFF Perusahaan EXIM, dan MAHASISWA

Adipati Japan College akan membuka kelas khursus  EXPORT-IMPORT mulai November 2014

"Belajar EXPORT-IMPORT dengan mudah"

Tujuan Pelatihan:
1.Meningkatkan pengertian dan pemahaman tentang prosedur perdagangan Internasional
2.Memahami dan mengerti dalam pembayaran internasional yang efektif

3.Memahami dan mengerti cara membaca Letter of Credit dengan benarl.
4.Meningkatkan pengetahuan ttg commercial documents
5.Meningkatkan kemampuan dalam membuat Commercial Document export

Peserta Khursus: Staff Perusahaan EXIM, Bagian Export, Marketing, Finance
 dan mahasiswa/wi yg akan kerja

Jadwal : 2 x seminggu
Durasi Khusus : 2 jam total 10 x pertemuan 

Fasilitas:
Modul
Sertifikat
Coffee Drink: Merk Adipati Coffee
dibimbing hingga bisa ekspor

Lokasi Khursus
Jl.adipati Blok E/13  japan asri ds Japan Kec.Sooko Mojokerto

Intruktur
Hindra S
- Pemilik CV Adipati jaya Abadi / praktisi ekspor kopi
- Pengelola blog. www.belajarexport.blogspot.com
                   fan page: Facebook.com/ayoekspor  
- Intructure & Coach PPEI( Pendidikan Pelatihan Ekspor Indonesia) Kemendag - Jakarta
- Eks Staff Ekspor PT.Pabrik kertas Tjiwi Kimia dan Bank Mandiri

Biaya Kursus : HANYA Rp. 750.000,00 utk wilayah MJKT dskitarnya
yang berminat bisa sms 08123588371 atau email: belajarexport@yahoo.co.id untuk diskusi awal sebelum mengikuti kursus

Menikmati event Trade Expo Indonesia 2014

Tanggal 10-10-2014 (Jum'at) setelah menghadiri undangan interaktif dialog yang diselenggarakan oleh PPEI-Kemendag (DGNED) yg berlokasi di Gedung Niaga lantai 6 JIEXPO Kemayoran Jakarta.  Sehabis sholat Jum at, saya mengunjungi  para exhibitor yang sedang mempromosikan produk mereka.  Jadwal kunjungan visitor di pameran memang ada pengkhususan :
tgl 08 - 10 Oktober untuk kunjungan Bisnis (Businessman)
tgl 11-12 oktober untuk umum.

Jadi Visitor untuk tanggal 08-10 Oktober relatif terbatas, karena memang rata rata pengunjung berniat bisnis, mencari Supplier untuk membeli sesuatu atau mencari Supplier untuk dijadikan Mitra.  Saya sendiri tertarik untuk mencari Supplier Kopi, Rempah Rempah dan Coklat untuk menjadi mitra/ kerjasama dalam perdagangan ekspor.

Beberapa perusahaan Raksasa membuat booth mereka semegah mungkin , istilah saya Perang Booth. selain itu tersedia juga Booth ukuran  3x3 yang sudah cukup representative untuk Pameran. Selain itu ada lokasi di luar area Hall A & C , di halaman, tentu saja untuk perusahaan perusahaan yang mempromosikan rumah tradisional. Begitu masuk area Pameran, kita akan disuguhi Rumah Rakyat di Shanique Banten, kebetulan Pemilik adalah teman sendiri, area pameran diluar dan luas. Perusahaan Shanique sudah melakukan ekspor untuk produk bambu di beberapa negara. Beberapa Perusahaan Raksasa yang ikut pameran di antaranya:
Jarum,APP,Wings,Indofood dll sebagainya, untuk UMKM banyak yang ikut serta, dan kami sempat berbincang bincang dengan UMKM dari  UNINAM yg memproduksi rendang siap saji dan  CV.Pantura dari pasuruan yg memproduksi Terasi,Sambal dll. semoga Pameran TEI membawa berkah bagi para Peserta.
























Kamis, 09 Oktober 2014

Khursus Ekspor: Bagaimana Memulai Ekspor" di Mojokerto

Adipati Japan College akan membuka kelas khursus Ekspor mulai November 2014

"Bagaimana Memulai Ekspor"

Tujuan Pelatihan:
1.Meningkatkan pengertian dan pemahaman tentang prosedur perdagangan Internasional
2.Memahami dan mengerti cara mudah dalam melakukan ekspor
3.Meningkatkan Pengetahuan varian pembayaran  internasional.
4.Meningkatkan pengetahuan ttg commercial documents
5.Meningkatkan kemampuan dalam menganalisa problem dalam export import

Peserta Khursus: Pemilik Perusahaan kategori UKM dan Non UKM
Staff perusahaan yg ingin bisnis ekspor
Jadwal : 2 x seminggu
Durasi Khusus : 2 jam total 10 x pertemuan 

Fasilitas:
Modul
Sertifikat
Coffee Drink: Merk Adipati Coffee
dibimbing hingga bisa ekspor

Lokasi Khursus
Jl.adipati Blok E/13  japan asri ds Japan Kec.Sooko Mojokerto

Intruktur
Hindra S
- Pemilik CV Adipati jaya Abadi / praktisi ekspor kopi
- Pengelola blog. www.belajarexport.blogspot.com
                   fan page: Facebook.com/ayoekspor  
- Intructure & Coach PPEI( Pendidikan Pelatihan Ekspor Indonesia) Kemendag - Jakarta
- Eks Staff Ekspor PT.Pabrik kertas Tjiwi Kimia dan Bank Mandiri

Biaya Kursus : HANYA Rp. 750.000,00 utk wilayah MJKT dskitarnya
yang berminat bisa sms 08123588371 atau email: belajarexport@yahoo.co.id untuk diskusi awal sebelum mengikuti kursus

Trade Show sebagai ajang mencari Buyer Potensial??

Sejak Tanggal 08 Oktober  s/d 12 Oktober, Indonesai menggelar Trade Show  yang dikenal dengan Trade Expo Indonesia 2014 berlokasi di Jakarta International Expo ( JIEX) Kemayoran Jakarta.

Kami sarankan semua pebisnis khususnya UMKM agar hadir mengunjungi Trade Show tersebut, karena akan banyak manfaat yang diperoleh di sana , selain itu sebagai Visitor tidak ada charge entry alias Gratis, namun sebaiknya membawa Kartu Nama /Card Name sebagai tanda pengenal kita.

Trade Show atau Pameran Dagang adalah salah satu cara untuk mencari Pembeli yang sangat efektif, lokasi Trade Show bisa di Indonesia maupun di Luar Negeri.  

Agar dalam mengikuti Trade Show bisa sesuai dengan harapan, maka diperlukan pengetahuan mengenai Trade Show itu sendiri, di antaranya:

Bagi Eksporter/ maupun calon eksporter untuk mengikuti Trade Show harus  bisa mengetahui, apakah Trade Show yang akan diikuti adalah Trade Show kategori Business to Business (B2B) atau Business to Retail (B2R)
Sebagai contoh :
TEI 2014 adalah Trade Show B2B
Pekan Raya Jakarta adalah Trade Show B2R

Artinya, jika Anda ingin ikut pameran dengan tujuan produk anda laku dalam penjualan retail, maka disarankan ikut Trade Show yg B2R. tetapi
kalau Anda ingin mendapatkan Customer luar Negeri tentunya dengan penjualan besar dan membuat kerjasama yg lama (Business Relationship) maka Trade Show B2B adalah langkah yang tepat. dalam arti Anda pada saat mengikuti Trade Show bisa mendapatkan order besar, dan follow up transaksi setelah kegiatan Trade Show.

Kegiatan B2B dgn Delegasi Jepang
TEI memberikan ruang  dalam B2B yang cukup besar, dimana para Exhibitor bisa mempresentasikan produknya di hadapan langsung calon buyer dari berbagai negara.

Jadi kalau Anda mengikuti Trade Expo Indonesia tanpa mengikuti acara B2B meeting, ya sangat disayangkan.

Minimal target dalam mengikuti Trade Show adalah 
Presentasi kopi dgn visitor Palestina
1.Bagaimana caranya agar Booth/Stand kita banyak didatangi pengunjung luar negeri (Visitors)
2. Bagaimana caranya para Visitor tertarik dan meminta kartu nama Anda dan sebaliknya Anda juga banyak mengumpulkan Kartu nama Visitor untuk di follow up.

Jika Booth Anda tidak pernah dikunjungi oleh Customer Luar Negeri atau Kartu Nama Anda utuh tidak ada yg minta, atau sebaliknya Anda tidak mendapat kartu Nama dari Visitors, maka  pada tahun tahun yang akan datang, Anda harus memperbaiki cara bagaimana mengikuti Trade Show yang baik dan benar.
 

Selain Ekspor, dalam TEI 2014 sangat memungkin  atau mempunyai Peluang Besar mendapatkan pelanggan lokal, karena pengunjung yg lokal juga cukup banyak, dan biasanya pada hari hari terakhir, para Exhibitor menjual barang barangnya secara retail, apalagi produk produk yg relatif besar seperti mebel dll, akan dijual murah... (hitung hitung untuk mengurangi biaya angkut)

Jadi Silahkan Kunjungi TEI 2014 di PRJ Kemayoran Jakarta.....In sha Allah besok tgl. 10 Oktober saya mendapat undangan untuk ikut interaktif dialog dengan Delegasi Taiwan, Korea, walaupun saya bukan Exhibitor.... ngikut saja.. siapa tahu dapat order...

Tetap Semangat


 





Kamis, 02 Oktober 2014

Bagaimana cara memilah milih Calon Customer dari Luar Negeri....

Berbagai cara eksporter dalam menganalisa atau memilah milih calon customer yang menghubungi kita. apakah prospek ini kategori serius, tidak serius 

saya kutip email yg masuk ke inbox saya

quote
"
Dear Mr. Hindra,

This is to acknowledge the receipt of your mail. We believe that we can establish an opportunity for a long term mutual benefits. Precisely, we are an accredited agent and also a business consultants in some related ventures under the platform of Kwesi Global Ltd here in Ghana West Africa.

We are a company working diligently to achieve high standards of Performance. Kwesi Global Ltd is recognized in the issue of contract allocation to foreign companies across the globe. Our main area of activities are trading and linking foreign companies to West African Markets and Government Organizations for the supply of their products especially on large scale basis.

Our philosophy is customer driven, not speculative. We aim to create value for our customers by providing comprehensive supply or offtake solutions, we work with our customers and suppliers to minimize their commodity pricing exposure wherever possible. Our team constantly seeks opportunities to add value to our clients' businesses.

My reason for contacting you is to know if you would have an interest to participating in the ongoing tender bid published by one of the governmental organizations we always work with. Below product meets their requirement.

Product:  Arabica Toraja and Arabica Flores

We would work as your local agent on just 3% commission after the deal is successfully achieved and if this is agreed upon, we together with the contacts we had successfully built over the years with some strong members of the contract procurement board do our best in securing the contract in your company's name for our mutual benefits. The project will run for 12 months period to any company that will win the tender and it would interest you to know that other companies are also participating in the bid.

The payment terms is 80% T/T as advance while 20% against receipt of photo copy of shipping documents to any company that wins the contract, therefore we would appreciate if you can confirm your willingness in working with us and of giving us the commission as a gratification after the contract has been secured with our efforts?.

In effect to the above, quickly send us the current price lists of the above selected products with specifications. We shall at the same time submit them for approval to the Buyer's Office.

With regards and best wishes in business. As we await your prompt confirmation to participate.

Agyemang Kwesi (Mr),
24/7 Hours for Enquiry: +233 545 485 124.

Company Name: Kwesi Global Limited
Company Address: House 7, Road 23 NTHC Residential Area,
Comm. 14, Tema Ghana.
1. Company Registration number CA-411
2. Company VAT number 524E002284 

unquote"

Bagaimana menurut Anda??


Rabu, 01 Oktober 2014

Payment Risk diagram

Untuk berhasil dalam pasar global saat ini dan memenangkan penjualan terhadap pesaing asing, eksportir harus menawarkan kepada pelanggan mereka syarat pembelian yang menarik dan didukung oleh metode pembayaran yang sesuai. 
Agar mendapatkan pembayaran yang tepat waktu sebagaimana tujuan untuk setiap penjualan ekspor, metode pembayaran yang sesuai harus dipilih dengan hati hati untuk meminimalkan resiko, dan bisa men akomodir kebutuhan pembeli

Seperti terlihat pada gambar 1, ada lima metode utama pembayaran untuk transaksi internasional.Sebelum atau sedang dilakukan negosiasi kontrak, Anda harus mempertimbangkan metode mana pada gambar adalah saling diinginkan untuk Anda dan pelanggan Anda.
Nah dari gambar  payment risk diagram, Anda sudah tahu, metode pembayaran apa yang cocok untuk transaksi Anda.

Tetap Semangat Ayo Ekspor